Naskah Pildacil : Sayangi Orangtuamu

oleh: Huda Nuralawiyah, S.Pd.I.

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Tuan putri naik odong-odong

Salam saya jawab dong

 

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh.. Hamdan wa syukron lillah. (amma ba’du)

 

Hallo Teman-teman, nama saya …………….

teman-teman, waktu kecil siapa yang menyuapi kita makan?..orang tua.

siapa yang suka memberi jajan???orang tua.

Naah, mereka sangat menyayangi kita, karenanya kita harus menyayangi mereka. Mari kita doakan mereka :

Do’a untuk orang tua : allohummagfirlii waliwaa lidayya warhamhumaa kamaa robbayanii sogiiroo.

Artinya yaa alloh ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaaaaaatuh

Dipublikasi di MATERI NASKAH PIDATO, TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar

Naskah PILDACIL : Allah Tuhanku yang Esa

 

Si kabayan dikasih lontong

Salam saya jawab dong

 

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh.. Hamdan wa syukron lillah. (amma ba’du)

 

Hallo Teman-teman, nama saya …………. Akan menyampaikan Isi Surat Al Ikhlas.

Alloh Tuhanku Yang Satu

Alloh,raja alam semesta tidak mungkin dua. Bayangkan kalau dua. Alloh yang satu ingin menurunkan hujan,yang satu lagi ingin kemarau. Kemudian mereka bertengkar. Pasti alam ini akan hancur . Makanya Alloh berfirman :

A’uudzubillahiminasyyaitoonirrojiim

Bismillahirromaanirrohiim

Qul huwal llohu ahad artinya katakanlah Dialah Alloh yang Maha Esa.

 

Ayam jago suka berisik

Kecebur kolam bi asih

Sekian dari …………….. yang cantik

Sampai jumpa dan terimakasih

 

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaaaaaatuh

Dipublikasi di TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar

NASKAH PILDACIL : Belajar Sepanjang Masa Part 3

Oleh : Huda Nuralawiyah, S.Pd.I.

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Si kabayan sedang seneng

Karena dikasih lontong

Yang cantik dan ganteng-ganteng

Salam saya jawab dong

 

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Hamdan wa syukron lillah, solatan wa sallaman ‘alaa rosuulillah. Wa’alaa alihi wa ash-habihi waman tabi’a hudah. (amma ba’du)”

 

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt. sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di arena PORSADIN ini dalam keadaan sehat walafiat.

Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada baginda kita, Nabi Muhammad Saw., yang senantiasa mendorong ummatnya untuk belajar sepanjang masa.

 

Yang saya hormati, dewan juri, beserta bapak ibu guru juga  kawan-kawan seperjuangan yang (…………….. ) cintai.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pentingnya belajar sepanjang masa.

 

Nah sekarang ( ……………. ) mau tanya.

Waktu kita baru lahir, apakah langsung bisa makan sendiri? Tiiii dak

berjalan sendiri? Tiiii dak ..

Berbicara sendiri? Tiiii dak

Pake baju sendiri? Tiiii dak

 

Naah,, kawan-kawan semua, itulah bedanya manusia dan hewan. Manusia harus belajar untuk menopang kehidupannya. Hewan baru lahir langsung lari. Makan juga sendiri. Iiiiih…coba bayangkan kalo tiba-tiba bayi manusia lari dan makan sendiri,,ngeri ya.

 

Belajar bukan berarti harus betul semua, dan bernilai seratus semua. Bahkan belajar juga dari kesalahan. Seperti saat kita belajar berdiri, pasti terjatuh terlebih dahulu. Makanya nih,, ayah, ibu, bapak ibu guru, apabila kami melakukan kesalahan, tak perlu marah ya……ingatkan saja kami agar menjadi lebih baik. Betul betul betul?.. betuuul.

 

Hadirin rohimakumullah.

Dengan belajar, kita akan mampu membedakan yang haq dan yang bathil. Dengan belajar juga, kita akan lebih mantap dalam menjalankan ibadah kepada Allah swt.. Oleh karena itu kita harus menyadari bahwa belajar menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimat, dan harus dilakukan sejak baru dilahirkan hingga kita mati. Rosullullah SAW bersabda :

 

“Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi”

Tuntutlah ilmu sejak dari lahir hingga ke liang lahat.

Sebagai seorang muslim yang telah mengerti pentingnya belajar, sebaiknya kita mempelajari banyak ilmu. Agar kita menjadi manusia seutuhnya. Ilmu ketuhanan dan ilmu pengetahuan umum atau biasa kita sebut IMTAQ dan IPTEK memiliki hubungan yang sangat erat. Keduanya tidak dapat dipisahkan, keduanya saling melengkapi. Dalam sebuah peribahasa bahasa Inggris dikatakan:

 

Without theology, life will be blind and without science, life will be lame”. Artinya “hidup akan menjadi buta jika tanpa ilmu agama dan tanpa ilmu pengetahuan umum hidup akan menjadi pincang.”

 

Peribahasa ini menekankan betapa pentingnya IPTEK. Tanpa IPTEK, seseorang tidak akan tahu perkembangan dunia saat ini. Tapi sebaliknya, tanpa ilmu agama, seseorang akan mudah terpengaruh oleh dampak negatif kemajuan teknologi modern karena tidak mempunyai pegangan hidup yang kuat yaitu iman.

 

Hadirin rohimakummullah..

Firman Allah SWT dalam surat Al Mujadalah Ayat 11:

A’uudzubillahi minasyyaithonirrojiim. bismillahirrahmaanirrahiiim

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ امَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجَات

Artinya “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

 

Coba deh kita cek dalam kehidupan dunia dulu.

Apakah pak camat gajinya sama dengan tukang cangkul?tiiidak. .

Apakah pak manager toko sama gajinya dengan tukang ngepel??tiiiiidak,,, Mengapa ya? Jelas, karena ilmunya beeeedaaa. Yang jadi menejer sekolahnya ya sarjana, yang jadi tukang ngepel sekolahnya hanya sampai SD saja.

Jadi, teman2 mau jadi manajer apa mau jadi tukang ngepel???…

 

Naaah itu baru belajar masalah didunianya saja looo.

Apalagi belajar tentang agama lhoo…sampai-sampai Rasulullah pernah mengatakan “tidurnya orang yang berilmu, lebih baik dari ibadahnya orang yang tidak berilmu”.

Hadirin  rohimakumullah..

 

Jadi kesimpulannya yaitu belajar harus dilakukan sepanjang masa dan juga harus seimbang antara belajar ilmu dunia dan juga agama.

 

kucing lari suka berisik

larinya ke taman asih

Sekian dari…………….. yang cantik

Sampai jumpa dan terimakasih

Wallohul muwaafiq ilaa aqwaamiththoriq

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaaaaaatuh

Dipublikasi di MATERI NASKAH PIDATO, TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar

NASKAH PILDACIL : BELAJAR SEPANJANG MASA part 2

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Tuan putri matanya lentik

berniat beli kedongdong

Yang ganteng dan cantik-cantik

Salam saya jawab dong

 

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Hamdan wa syukron lillah, solatan wa sallaman ‘alaa rosuulillah. Wa’alaa alihi wa ash-habihi waman tabi’a hudah. (amma ba’du)”

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt. sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di arena PORSADIN ini dalam keadaan sehat walafiat.

Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada baginda kita, Nabi Muhammad Saw., yang senantiasa mendorong ummatnya untuk belajar sepanjang masa.

 

dewan juri, beserta bapak ibu guru Yang saya hormati,  juga  kawan-kawan seperjuangan yang saya cintai.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pentingnya belajar sepanjang masa.

 

Nah sekarang ( ……………. ) mau tanya.

Waktu kita kecil, apakah kita tiba-tiba bisa berhitung sendiri? Tiiii dak

Membaca sendiri? Tiiii dak ..

menulis sendiri? Tiiii dak

 

Naah,, kawan-kawan semua, itulah yang patut kita syukuri saat ini. Kita sekarang sudah bisa berhitung, membaca dan menulis sendiri. Semuanya kita dapat karena diajarkan oleh bapak ibu guru kita dengan sabar. Bukan bawaan kita dari lahir. Iiiiih…coba bayangkan kalo bayi baru lahir, tiba-tiba berhitung satuu,,duaa,,, tiga,,, saya yakin kawan2 semua akan lari.

 

Belajar bukan berarti harus betul semua, dan bernilai seratus semua. Bahkan belajar juga dari kesalahan. Seperti saat kita belajar berdiri, pasti terjatuh terlebih dahulu. Makanya nih,, ayah, ibu, bapak ibu guru, apabila kami melakukan kesalahan, tak perlu marah ya……ingatkan saja kami agar menjadi lebih baik. Betul betul betul?.. betuuul.

 

Hadirin rohimakumullah.

Dengan belajar, kita akan mampu membedakan yang haq dan yang bathil. Dengan belajar juga, kita akan lebih mantap dalam menjalankan ibadah kepada Allah swt.. Oleh karena itu kita harus menyadari bahwa belajar menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimat, dan harus dilakukan sejak baru dilahirkan hingga kita mati. Rosullullah SAW bersabda :

 “Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi”

Tuntutlah ilmu sejak dari lahir hingga ke liang lahat.

Jadi, belajar bukan untuk kami saja yang kulitnya masih seger-seger ya,, tapi juga untuk kakek nenek semua yang kulitnya sudah keriput. Jangan mentang-mentang udah tua, diajak ke mesjid belajar ke pengajian malah menjawab :

“bosan saya, belajar mulu, “

Ehhh neeek,, keeek,, jangan begitu ntar kualat lagi, kan kata rosul sampe ke liang lahat, sebelum Ijroil jemput kakek dan nenek  ayoo kita belajar lagi.

 

Hadirin rohimakummullah..

Firman Allah SWT dalam surat Al Mujadalah Ayat 11:

A’uudzubillahi minasyyaithonirrojiim. bismillahirrahmaanirrahiiim

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ امَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجَات

Artinya “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

 

Coba deh kita cek dalam kehidupan dunia dulu.

Apakah pak camat gajinya sama dengan tukang cangkul?tiiidak. .

Apakah pak manager toko sama gajinya dengan tukang ngepel??tiiiiidak,,, Mengapa ya? Jelas, karena ilmunya beeeedaaa. Yang jadi menejer sekolahnya ya sarjana, yang jadi tukang ngepel sekolahnya hanya sampai SD saja.

Jadi, teman2 mau jadi manajer apa mau jadi tukang ngepel???…

 

Naaah itu baru belajar masalah didunianya saja looo.

Apalagi belajar tentang agama lhoo…sampai-sampai Rasulullah pernah mengatakan “tidurnya orang yang berilmu, lebih baik dari ibadahnya orang yang tidak berilmu”.

Hadirin  rohimakumullah..

Coba, dengarkan ngajinya anak santri diniyah dengan anak yang tidak pernah sama sekali sekolah diniyah, gimana? Sama tidaaaaaak????tidaaakk

Oleh karena itu marilah kita manfaat waktu kita sebaik-baiknya dengan belajar, dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Jadi kesimpulannya yaitu belajar harus dilakukan sepanjang masa dan juga harus seimbang antara belajar ilmu dunia dan juga agama.

 

Bikin sate setengan mateng

Dibungkus sama neng asih

Sekian dari…………….. yang ganteng

Sampai jumpa dan terimakasih

Wallohul muwaafiq ilaa aqwaamiththoriq

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaaaaaatuh

Dipublikasi di MATERI NASKAH PIDATO, TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar

NASKAH PILDACIL : BELAJAR SEPANJANG MASA 1

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..

 

Si kabayan sedang seneng

Karena dikasih lontong

Yang cantik dan ganteng-ganteng

Salam saya jawab dong

 

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh..Hamdan wa syukron lillah. (amma ba’du)

 

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Rahmat dan keselamatan tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Teman-teman, ( ……………. ) mau tanya.

Waktu kita baru lahir, apakah langsung bisa makan sendiri? Tiiii dak

Pake baju sendiri? Tiiii dak

 

Naah,, kawan-kawan semua, itulah bedanya manusia dan hewan. Manusia harus belajar untuk menopang kehidupannya. Hewan baru lahir langsung lari. Makan juga sendiri. Iiiiih…coba bayangkan kalo tiba-tiba bayi manusia makan sendiri,,ngeri ya.. Rosullullah SAW bersabda :

Tuntutlah ilmu sejak dari lahir hingga ke liang lahat.

Jadi, belajar bukan untuk kami saja yang kulitnya masih seger-seger ya,, tapi juga untuk kakek nenek semua yang kulitnya sudah keriput.

Hadirin rohimakummullah..

Allah SWT berfirman :

A’uudzubillahi minasyyaithonirrojiim. bismillahirrahmaanirrahiiim

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ امَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجَات

Artinya “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

 

Coba deh kita cek dalam kehidupan dunia dulu.

Apakah pak manager toko sama gajinya dengan tukang ngepel??tiiiiidak,,, Mengapa ya? Jelas, karena menejer sekolahnya ya sarjana, tukang ngepel sekolahnya SD saja.

Jadi, teman2 mau jadi manajer apa mau jadi tukang ngepel???…

 

Jadi kesimpulannya yaitu belajar harus dilakukan sepanjang masa dan juga harus seimbang antara belajar ilmu dunia dan juga agama.

 

kucing lari suka berisik

larinya ke taman asih

Sekian dari…………….. yang cantik

Sampai jumpa dan terimakasih

Wallohul muwaafiq ilaa aqwaamiththoriq

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaaaaaatuh

Dipublikasi di TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar

Naskah Pidato untuk anak TK

Assalamualaikum wr.wb.
Hamdan wa syukron lillah amma ba’du.
Hallo teman2.saya ……… ibu saya …… ayah saya ……..
Disini saya akan menyampaikan dua kalimat syahadat.asyhadu anlaa ilaaha illalloh.wa asyhadu anna muhammadan rosululloh.artinya aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain alloh dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan alloh.
Wassalamualaikum wr.wb.

Dipublikasi di TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar

Lancarkan Persalinan Dengan Jalan Kaki Pagi

bidanku.com

 

Memasuki kehamilan pada usiatrimester akhir banyak ibu yang khawatir pada proses persalinannya. Oleh karena itu anda memerlukan informasi yang dapat membantu anda dalam mengatasi kecemasan menanti persalinan. Sebaiknya informasi yang didapatkan oleh anda menjelang persalinan diberitahukan pada suami sebagai pendamping yang akan menemani anda saat persalinan. Selain anda mengetahui informasi menjelang persalinan, hal yang harus anda ketahui adalah beberapa cara persiapan menjelang persalinan. Tidak saja bagi pasangan suami istri yang baru, menyambut kehadiran bayi pertama akan tetapi bagi setiap ibu hamil akan mengalami kecemasan menjelang persalinannya. Salah satu persiapan yang dapat anda persiapkan adalah ketenangan, mengelola stres dan mengurangi ketakutan menghadapi persalinan.

Selain itu beberapa kegiatan kecil yang bermanfaat dapat anda lakukan salah satunya adalah dengan melakukan jalan kaki setiap pagi untuk melancarkan persalinan. Persalinan normal sangat diidamkan oleh seluruh wanita, bagi anda yang menginginkan persalinan secara normal anda dapat mendapatkan manfaat dari jalan kaki pagi. Jalan kaki setiap pagi  memberikan ketenangan dan kesegaran udara bagi kesehatan kehamilan anda, jalan kaki setiap pagi merupakan gerakan yang sehat, aman dan paling mudah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Berikut adalah manfaat jalan kaki setiap pagi bagi ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Memperkuat Otot Menjelang Persalinan

Bagi anda yang melakukan jalan kaki setiap pagi dengan teratur apalagi di trimester ketiga akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan. Otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu persalinan anda akan lebih kuat. Salah satu penelitian mengemukakan bahwa dengan gerakan ringan yang dilakukan oleh ibu hamil akan membantu menguatkan otot salah satunya otot panggul yang dapat mempermudah proses persalinan.

2.    Membuat Ibu hamil lebih bugar

Jalan kaki pada pagi hari dengan teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang sering kali terjadi selama kehamilan. Menurut penelitian yang dilakukan di california, ibu hamil yang bugar akan lebih mudah dapat melakukan proses mengejan. Bahkan ibu hamil yang sering melakukan senam hamil atau yoga akan lebih mungkin mengalami proses persalinan yang lebih cepat dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang berolahraga selama kehamilan.

3.    Mengurangi resiko kehamilan bermasalah

Dengan melakukan gerakan yang teratur di pagi hari atau jalan kaki selama kehamilan anda, maka anda dapat mengurangi resiko mengalami kehamilan bermasalah. Beberapa diantaranya adalah resiko pre-eklamsia dan diabetes.

4.    Mengurangi stres fisik dan mental

Latihan fisik yang teratur pada ibu hamil akan memicu timbulnya hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental. Selain melepaskan ketegangan mental, gerakan teratur akan membantu anda dalam mengurangi stres fisik dikarenakan jalan kaki pada pagi hari tidak membuat tubuh ibu hamil kelelahan berlebihan.

5.    Menjaga Kenaikan Berat badan dengan Wajar

Membiasakan hidup sehat dengan melakukan latihan sehat seperti jalan kaki di pagi hari akan membantu anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan. Hal ini berhubungan dengan jalan kaki yang merupakan latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil dikarenakan tidak terlalu membebani persendian dan lutut. Dengan cara seperti ini akan menjaga berat badan anda selama kehamilan.

6.    Meningkatkan Kualitas tidur selama kehamilan

Keluhan yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah kesulitan tidur malam dengan baik. Dengan olahraga teratur seperti melakukan jalan kaki setiap pagi maka akan membantu anda dalam mengurangi masalah kesulitan tidur.

Dipublikasi di TULISAN BEBAS | Meninggalkan komentar